we hope you enjoy

we hope you enjoy
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA SEMOGA MENDAPAT INFORMASI YANG BERMANFAAT
RIANDA HERNAMAS

Cari Entri Mu

Jumat, 19 November 2010

Bumi Bakal Disedot Baby Black Hole

Sebuah ledakan di bintang 30 tahun lalu di galaksi dekat diduga menciptakan lubang hitam baru, astronom melaporkan. Pengamatan yang dilakukan oleh sinar infra merah mengatakan supernova, SN dijuluki 1979C adalah sebuah lubang hitam terbentuk, mengatakan tim astronom dari Amerika Serikat dan Eropa.

"Kalau perkiraan kami benar, itu adalah contoh terdekat untuk observasi tentang penciptaan lubang hitam, dengan jarak paling dekat bumi," kata seorang pakar dari Harvard-Smithsonian Astrofisika Center di Massachusetts, Daniel Patnaude, yang memimpin penelitian seperti dilansir Reuters.

Seorang astronom amatir dari Maryland, Gus Johnson, menemukan supernova pada tahun 1979 di tepi sebuah M100 disebut galaksi, dan astronom lainnya memeriksanya setelah penemuannya. Cahaya dan sinar infra merah dari fragmen telah mengambil alih 50 juta tahun terakhir untuk sampai ke bumi dengan kecepatan cahaya 300.000 mil per detik, atau sekitar 10 triliun kilometer per tahun.

Pusat Observasi Chandra NASA Sinar Infra, European Space Agency XMM-Newton, dan Pusat dari Pengamatan Rosat Jerman telah melihat bahwa sumber sinar infra merah memancarkan cahaya stabil.

Analisis sinar inframerah mendukung gagasan bahwa obyek diamati adalah sebuah lubang hitam dan juga akan menarik objek yang jatuh dari supernova atau mungkin dari bintang biner, kata para astronom.

Para ilmuwan percaya bahwa lubang hitam dapat dibuat dalam beberapa cara, dalam hal ini karena bintang yang sekitar 20 kali massa matahari yang akan meledak menjadi supernova dan kemudian ke beberapa hal yang solid yang menyedot benda-benda di sekitar mereka ke dalam inti lubang hitam.(He/*At)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar